LUPH JUMP

LUPH JUMP

Friday, March 2, 2012

SAPA HAYO YG TIDAK PUNYA ETIKA

sedikit mengulas kisah nyata aku di dunia kerja ku dimana aku bekerja sebagai guru di salah satu sekolah kejuruan *tak perlu sebut merk dech*

pertama kali aku masuk ke skul ntuh, apel pagie nie ceritanya karna hari pertama masuk skula *awal ajaran baru*, hampir semua guru udah dilapangan begitu juga dengan siswa....saat apel dimulai si empunya skula maju tug berpidato, sebelum pidato diawali dg pengenyek'an dulu nie

si empunya: semua guru diharap keluar untuk ikut apel *maklum ada sebagian guru yg masih di dalam ruang guru*....kug enak siswa kepanasan, guru nya dikasih tempat yg dingin, kug masih gag mau keluar dari ruang guru.....*kata yg masih aku ingat*....PUNYA ETIKA GAG SIH GURUNYA ITU....

siswa: sorak heboh

aku cuman berpikir, oh mungkin cuman sebegitu aja *biasa* yach karna emang ceh sebagian guru gag mau keluar *salah juga ceh* tapi saya udah dilapangan loch....

waktu berjalan banyak isu-isu tentang manajemen sekolah yg gonjang-ganjing....aku mah santai aja....yg penting waktunya ngajar yach ngajar, waktunya pulang yach pulang

tapi, setelah setahun lamanya kerja disini, nie kuping kug yach udah berasa panas-panas gimana githu...
pas rapotan nie

si empunya *bilang ke wali kelas*: semua siswa nilai rapot harus di atas 75 kecuali yg memang berpredikat untuk tidak naik kelas

guru-guru *bilang ke saya*: nanti kalo tidak anda kasih 75 anda sendiri yg repot, dan pastinya anda kalah *yach okelah nurut, asal muridnya tak suruh remidi mau, kalo gag mau yach tetep dibawah 75

tapi rapotan di tahun pertama aman, karna muridku semuanya remidi, so nilai di bawah kkm tak ada

tahun kedua menghajar *ups mengajar*....waktu apel lagie nie....

beberapa siswa dipanggil setelah beberapa bulan masuk ajaran baru, ditanya sapa guru yg ngasih tugas banyak *saya dan teman2 team masuk nominasi guru yg sering ngasih tugas ke siswa*. sapa guru yg gag pernah masuk dan bla-bla....

kemudian siswa diberi nasehat sama empunya
si empunya: kalo ada guru marah-marah dikelas, tak usah dihiraukan, karna pasti guru itu sedang punya masalah di rumahnya, jadi ya sudah gag usah ditanggapi

eh esoknya ntuh pernyataan empunya heboh di ruang guru, para guru said: emang kita stres yach nyampur adukkan masalah pribadi n masalah sekulah, kita khan profesional, kita juga dapet pelajaran managemen pendidikan di kuliahan, jadi kita jelas tau mana masalah pribadi dan masalah siswa....lagian kurang kerjaan banged kita marah-marahin siswa, kalo tidak siswa tersebut yg memang kelewatan *bener khan*
si empunya: mana guru-guru nie kug gag ada yg keluar, tolong semua guru harap keluar, udah dikasih tempat dingin kug malah gag mau keluar

kemudian hari ada apel dalam rangka adiwiyata, guru yg ada di dalam ruangan langsung keluar *saya untungnya udah di lapangan*. guru yg dilapangan langsung maju beberapa langkah supaya agag kepanasan

si empunya: punya etika gag sih gurunya, kug enak muridnya apel, gurunya duduk-duduk di ruang guru, kalo perlu nanti biar muridnya tak suruh manggil gurunya saja
siswa: tepok-tepok dan hebring dech
guru: gerutu masing-masing *me n prend just senyum-senyum geje*

eh pas setelah apel, saya ada jam mengajar jam pertama, masuk kelas langsung murid saya hebring
murid: hiiih, ibuk tadi di ruang guru yach, hayo nanti saya loch yang manggil keluar
me: ehm sorry yoch, saya lebih dulu di lapangan dari pada kamu *awas kamu reg, untung ae saya kug yach langsung ke lap, kalo gag pasti malu tingkat tinggi wes*

kemudian hari ada apel lagie menanggapi adiwiyata, *setelah beberapa hari yg lalu ada kerja bakti*
si empunya: kalo misalnya ada guru nyuruh kalian *siswa* bersih-bersih tapi gurunya sendiri duduk-duduk lempar saja pake sepatu kalian, kug enak guru itu
murid: lebih hebring, *plus wajah bringas mereka keluar*
guru: *nggerutu, nangis, dan wajah garang*

apel bubar, ada rapat tertutup, salah satu guru menanggapi pernyataan si empunya
guru: pak kug sepertinya tidak baik mengatakan seperti itu tadi kesiswa *siswa suruh melempar sepatunya apabila ada guru yg duduk saat kerja bakti*
si empunya: ah itu khan hanya penggambaran saja, lagian tidak seberapa, malahan maunya saya siswa suruh manggil guru yg duduk-duduk itu, trus biar di keprok'i sama anak-anak di tengah lapangan
guru: *making garang*

sabtu esoknya pas kerja bakti again, ada siswa yg nyeletuk ke saya n prend saat saya bersih-bersih
murid: buk hati-hati loch nanti di lempar sepatu kalo tidak ikut kerja bakti dan duduk-duduk
me n prend: coba aja lemparin saya sepatu, saya akan balik lempar kamu pake nilai 0 ato sekalian nilaimu tidak saya keluarkan....gag punya etika banged kamu kalo sampek seperti itu *dg wajah garang*

sabtu minggu nie tepatnya 3-3-2012.....hal itu *melempar guru dengan sepatu muridnya* hampir saja terwujud
ada guru PKn menyuruh anak buahnya *karna beliau wali kelas* untuk membersihkan kelasnya, tiba-tiba ada siswa lain lewat, dengan melepas sepatu, dan sepatunya sudah dipegang tangan ke atas
murid: buk kemaren katanya kalo gurunya duduk-duduk saat kerja bakti di suruh lempar sepatu *dg ekspresi mau ngelempar*
guru: kurang ajar banged xxxxxxx *muarah tingkat tinggi*

di ruang guru langsung hebring.....gila yg bener aja....tapi mbalig lagie, kalo siswanya seperti itu gag salah karna mereka di suruh dan pasti dengan sukarela mereka mau melakukannya karna si empunya skula yg nyuruh....so yg salah yach yg nyuruh lach.....pertanyaan saya cuman 1

SETELAH ANDA MEMBACA, SIAPA KIRA-KIRA MENURUT ANDA YG TIDAK PUNYA ETIKA????
A. GURU
B. SISWA
C. SI EMPUNYA
D. SEMUA BENAR
E. SEMUA SALAH

3 comments:

  1. menurut saya yaa muridnya bu, tapi empunya juga agak salah seh masak menyuruh muridnya sperti itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. murid jaman sekarang pastinya akan melakukan semua perintah, apalagi kalo perintah yg nyeleneh githu didukung dengan yg nyuruh adalah yg empunya skulah....jadi dech

      Delete